Rabu, 29 Februari 2012

Menjadi Remaja Yang Baik

Daftar pengangguran tingkat usia produktif / remaja akhir ini semakin meningkat.
Dan tanggug jawab kita sebagai remaja adalah tidak menambah angka pengangguran tersebut.
Di zaman sekarang, sangat penting, bahkan mendesak, bagi kita para remaja memiliki pengetahuan cara mengelola dan memahami dunia keuangan secara nyata. Kita bakal menghadapi tantangan keuangan begitu kita meninggalkan tempat aman kita: rumah / orang tua kita.
Berikut ini tips untuk kita dalam mempersiapkan diri menjadi Remaja mandiri dalam mengelola keuangan :
→ Etika
- Mengembangkan karakter bermoral tinggi, otomatis akan membantu kita remaja untuk berusaha memperoleh pendapatan, menjadi calon pekerja lebih baik dan secara keseluruhan menjadi pribadi baik yang dihormati. Dalam masyarakat saat ini, menjadi warga yang dihormati komunitas dengan baik akan membantu mendapat posisi mandiri secara keuangan. Mereka yang sejahtera sekaligus dihormati banyak orang adalah mereka yang punya standar moral tinggi.
→ Komunikasi
-Komunikasi merupakan hal utama untuk remaja mandiri, karena cara berkomunikasi “tertulis dan verbal “yang efektif akan memberikan kekuatan untuk mengajak orang lain untuk bekerja sama. Dan cara berkomunikasi juga akan membantu kita agar tampak lebih di antara yang lain dan itu akan memudahkan kita promosi.

→ Pola Pikir Sehat
-Semua hal berbau negatif akan menyulitkan kita dalam segala hal hidup dan dapat merusak kesempatan kita mencapai kemandirian dalam keuangan. Tips ini akan memotivasi dan membantu Kita menambah rasa percaya diri yang dibutuhkan untuk berhasil. Studi menunjukkan bahwa sikap positif akan menarik hal-hal positif di sekitar. Jadi mari kita berusaha mengembangkan pikiran yang akan membantu diri kita menjadi sosok lebih dewasa dan bertanggung jawab secara keuangan.
→ Pendidikan
-Di dalam kehidupan era masa sekarang ini. Sejauh kita memandang maka harus sejauh itulah kita harus memperlengkapi diri kita dengan berbagai pendidikan. Kita jangan salah memahami bahwa pendidikan diperoleh dengan cara menempuh jalur formal saja, dengan cara datang, duduk, mendengar dan selanjutnya hingga akan memperoleh penghargaan dari test yang sudah dilewati.
Pendidikan dapat diperoleh dengan berbagai cara terlebih lagi semakin mendukungnya perkembangan alat-alat elektronika sekarang ini. Dengan mudah kita memperoleh informasi tentang perkembangan zaman baik dari belahan bumi barat terlebih lagi dari negara tetangga.
Ilmu pengetahuan, keterampilan, pendidikan merupakan unsur dasar yang menentukan kecekatan seseorang berpikir tentang dirinya dan lingkungannya. Seseorang yang mampu mengubah dirinya menjadi lebih baik diharapkan mampu mengubah keluarganya.
→ Hasrat
-Saling bantu sesama remaja dalam menemukan dan mengikuti hasrat kita. Tentu yang bersifat positif. Untuk lebih percaya diri bagaimana mengubah hasrat menjadi menjadi karir yang bisa memenuhi kebahagian dan kebutuhan keuangan.
Hasrat di sini ialah ketika kita cinta apa yang ia lakukan, kita tidak merasa seperti beban kerja sehingga bisa melakukannya dengan baik dalam bidang apapun. Dengan memahami mimpi kita, kita akan lebih paham kemana kita akan melangkah ke tingkat lebih tinggi, yang sekaligus membantu kita remaja mengembangkan kemampuan.
→ Kemampuan Mengorganisir
-Mencapai kemandirian keuangan saat usia muda akan sangat dipermudah bila anak memiliki perilaku teroganisir. Contoh, ajak mereka memiliki jadwal terorganisir, ruang dan hidup mereka akan memberi keuntungan bagi mereka. Melakukan hal itu sama dengan membuka celah bagi remaja menggapai potensial tertinggi mereka.
[sumber: http://www.kaskus.us/]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar